Selasa, 31 Desember 2013

kereta khusus wanita

Transportasi merupakan kebutuhan turunan yang menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat. Dengan adanya transportasi kita dapat berpindah tempat ke tempat tujuan dengan tujuan tertentu. Banyak macam yang terdapat pada transportasi itu sendiri. Transportasi darat, laut dan udara merupakan jenisnya. Masalah kompleks banyak ditemui, bahkan mendominasi pada moda transportasi darat. Tidak heran bahwa kampanye keselamatan di jalan raya sangat gencar disuarakan baik dari instansi perhubungan juga kepolisian. Mengapa? Karena kecelakaan hampir 90% terjadi pada medan darat khususnya jalan raya pada sistem lalu lintas. Biasanya terjadi akibat kesalahan dari pengemudi atau human error sendiri ataupun pada sisi kendaraan yang dikemudikan itu sendiri, jalan ataupun lingkungan. Kendaraan umum biasanya sebagai pengendali untuk menurunkan angka kecelakaan di eropa. Namun dibandingkan kendaraan umum darat lainnya seperti bus, angkot, taxi dan lainnya, kereta api merupakan sarana transportasi yang banyak dipilih oleh warga disamping karena efektif juga sangan efisien serta lebih tepat waktu.
            Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan ternyata terdapat gerbong khusus wanita. Namun apakah kinerja kereta khusus wanita itu efektif untuk wanita? Kemudian apakah bermanfaat pada kenyataanya serta pelaksanaannya?
Pengamatan ini dilakukan ketika saya berkunjung ke jakarta dengan menggunakan kereta, dan setelah tiba di jatinegara harus menggunakan kereta KRL dengan gerbong khusus wanita. Sangat cemerlang ide ini khususnya untuk keamanan para perempuan. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan, munculnya gerbong khusus wanita ini ditujukan untuk keamanan bagi para wanita untuk menghindari adanya perilaku pelecehan yang biasanya terjadi di kereta api umum apalagi jika penuh sesak berdiri, biasanya desak-desakan tersebut menjurus keperilaku yang sangat berhubungan dengan kode etik antara laki-laki dan perempuan untuk itu gerbong ini dibuat untuk menghindari serta menanggulanginya. Tujuan yang kedua adalah untuk keamanan bagi para pekerja perempuan yang pulang larut.
Gerbong khusus wanita itu memang sangat baik namun pada kenyataanya ketika saya menaiki gerbong tersebut  masih saja ada penumpang laki-laki untuk itu dapat disimpulkan bahwa gerbong tersebut kurang efektif dan kurang dipatuhi. Untuk itu ketegasan mengenai pemisahan gender di gerbong ini harus benar-benar harus dilaksanakan dengan baik dan tegas.
Dengan fasilitas kereta yang baik serta nyaman, diharapkan dapat mendorong usaha untuk mengalihkan konsumsi kendaraan pribadi ke kendaraan umum. Serta perilaku pengguna keretaapi harus memtuhi peraturan yang telah ditentukan seperti membuang sampah pada kantong plastik yang telah disediakan. Memulai dengan hal-hal kecil t6ersebut yang mampu menciptakan keselarasan dengan dibentuknya kereta api dengan mewujudkan kenyamanan penggunaan kereta api maka kita ikut mendorong pengalihan penggunaan kendaraan pribadi menuju kendaraan publik yang direncanakan oleh pemerintah.
Berikut ini, sekilas gambar gerbong khusus wanita tampak dari luar hingga dalam.
 1334980429837799930


 gambar 1.1 tampak luar gerbong khusus wanita

1334980332722241732
gambar 1.2 penumpang yang diprioritaskan

1334980257923970786
gambar 1.3 sudah jelas siapa saja yang diizinkan dan yang tidak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar